Abstract:
Kegiatan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai
oleh siswa. Menulis bukan hanya sebatas kegitan menuliskan kata-kata diatas kertas
saja, akan tetapi kegiatan menulis dapat melatih siswa untuk mengembangkan
penalarannya. Keterampilan menulis ini tentu perlu adanya perhatian yang khusus
untuk mengembangkan kemampuan menulis pada siswa. Menulis merupakan kegitan
yang tidak dapat dihindari oleh siswa karena semua pelajaran tentunya menuntut
siswa untuk dapat menulis dengan baik dan benar. Dengan menggunakan metode
ceramah para siswa tidak mencapai nilai ketuntasan, ini terbukti bahwa perubahan
atau inovasi dalam proses pembelajaran sangat penting dilakukan oleh guru dan calon
guru. Kehadiran media dalam proses pembelajaran memberikan kemudahan bagi
guru untuk mencapai tujuan proses pembelajaran kepada para siswa. Media juga
menjadi alat bantu untuk memudahkan siswa memahami materi yang disampaikan
oleh guru. kasus yang sudah dijelaskan diatas bahwa dengan media pembelajaran
guru dapat membangkitkan semangat dan motivasi siswa agar gemar menulis. Setelah
dilakukan research dengan perlakuan eksperimen (media aplikasi Instagram) dan
kontrol (metode ceramah) pada sekolah SMP peneliti menemukan adanya pengaruh
media aplikasi Instagram terhadap kemampuan menulis teks deksripsi siswa SMP
Swasta Pelita Medan adalah sebesar 96,04%, dan 3,96% dipengaruhi oleh faktor
lainnya.