Abstract:
Kurangnya minat siswa dalam belajar dipengaruhi oleh banyak faktor salah
satunya merupakan faktor dari dalam diri siswa yang membuat siswa kurang
berminat dalam belajar sehingga terjadi kemerosotan nilai akademik. Tujuan
dalam layanan orientasi ini merupakan mengantarkan individu untuk memasuki
suasana atau lingkungan baru dalam belajar yang menumbuhkan minat siswa
tersebut. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perkembangan
Minat Siswa Dalam Belajar Melalui Layanan Orientasi Pada Siswa Kelas VIII
Mts Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah
penelitian kualitatif. Subjek seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Medan Tahun
Pembelajaran 2018/2019. Objek dalam penelitian ini adalah 9 orang siswa kelas
VIII yang kurang memiliki minat dalam belajar. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini dengan menggunakan Observasi dan wawancara. Adapun Teknik
Analisis data pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan cara reduksi data,
penyajian data, dan kesimpulan. Dari hasil analisis data yang menggunakan
observasi dan wawancara serta Penilaian segera (laiseg) setelah dilakukan layanan
orientasi menunjukkan bahwa 9 orang siswa yang menjadi objek penelitian sudah
memahami minat dirinya dan berusaha mengembangkan minat belajarnya yaitu
50-74%.