Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh iklim sekolah dan budaya
sekolah terhadap kepuasan kerja guru melalui motivasi berprestasi pada SMP di
Kecamatan Medan Denai. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
populasi sebanyak 212 guru. Sampel ditentukan menggunakan rumus Slovin,
sehingga diperoleh 138 responden. Instrumen pengumpulan data berupa angket
dengan skala Likert, sedangkan analisis data dilakukan menggunakan teknik
analisis jalur. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa iklim sekolah
mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berprestasi dengan
nilai t hitung 2.786 > 1.656 t tabel (H1 diterima), budaya sekolah mempunyai
pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berprestasi dengan nilai t hitung
6.170 > 1.656 t tabel (H2 diterima), iklim sekolah mempunyai pengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan kerja guru dengan nilai t hitung 4.085 > 1.656 t tabel
(H3 diterima), budaya sekolah mempunyai pengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan kerja guru dengan nilai t hitung 6.080 > 1.656 t tabel (H4
diterima), motivasi berprestasi mempunyai pengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan kerja guru dengan nilai t hitung 6.170 > 1.656 t tabel (H5
diterima), iklim sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja
guru melalui motivasi berprestasi sebagai variabel intervening dengan nilai t
hitung 2.516 > 1.656 t tabel (H6 diterima), budaya sekolah berpengaruh secara
signifikan terhadap kepuasan kerja guru melalui motivasi berprestasi sebagai
variabel intervening dengan nilai t hitung 5.400 > 1.656 tabel (H7 diterima).