| dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan menganalisis
efektivitas penerapan media pembelajaran Sketchfab (model 3D interaktif)
sebagai solusi inovatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini
menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam
dua siklus, dengan subjek 27 siswa kelas IV C MIS Aisyiyah Wil, Sumut.
Keberhasilan tindakan diukur melalui persentase ketuntasan klasikal, dengan
target minimal 85% siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Data
dikumpulkan melalui tes pilihan ganda (mengukur kognitif) dan lembar observasi
(mengukur aktivitas siswa dan guru). Hasil menunjukkan peningkatan signifikan.
Pada Siklus I, ketuntasan klasikal baru mencapai 44% (12 siswa tuntas), yang
belum memenuhi target. Refleksi mengindikasikan perlunya perbaikan pada
manajemen waktu dan interaksi model 3D. Setelah perbaikan diterapkan di Siklus
II, terjadi peningkatan tajam, di mana 89% siswa (24 siswa) mencapai KKM.
Angka ini telah melampaui kriteria keberhasilan (85%) dan didukung oleh
peningkatan aktivitas, antusiasme siswa, serta efektivitas pengelolaan
pembelajaran oleh guru. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa
penggunaan media pembelajaran Sketchfab terbukti efektif dan berhasil dalam
meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada materi Bagian Tubuh Tumbuhan.
Media ini dianggap memfasilitasi pemahaman konsep secara mendalam karena
menawarkan pengalaman belajar yang visual, interaktif, dan nyata. |
en_US |