Research Repository

KINERJA KEPALA SEKOLAH MELAKUKAN SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENGEMBANGKAN PROFESIONALISME GURU (STUDI DI SDN 021 SIABU KABUPATEN MANDAILING NATAL)

Show simple item record

dc.contributor.author NUR’AZIZAH
dc.date.accessioned 2025-11-15T02:51:36Z
dc.date.available 2025-11-15T02:51:36Z
dc.date.issued 2025-08-02
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/30023
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan mengetahui kinerja kepala sekolah melakukan supervisi akademik dalam mengembangkan profesionalisme guru di SDN 021 Siabu Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja kepala sekolah dalam melakukan supervisi akademik di SDN 021 Siabu adalah dilaksanakan secara terstruktur, reflektif, kolaboratif, dan berkelanjutan melalui tahapan kinerja dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut. Pelaksanaan supervisi berbasis coaching terbukti meningkatkan kompetensi guru, tercermin dari peningkatan nilai kinerja di aplikasi GTK dan perubahan indikator kualitas pembelajaran dalam Rapor Pendidikan dari kategori kuning (rendah) menjadi hijau (baik). Secara keseluruhan, supervisi akademik oleh kepala sekolah berkontribusi besar terhadap pengembangan profesionalisme guru secara holistik, mencakup kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional, serta mendorong budaya refleksi yang memperkuat kualitas pembelajaran agar lebih adaptif terhadap kurikulum dan kemajuan teknologi. en_US
dc.subject Supervisi Akademik en_US
dc.subject Profesionalisme Guru en_US
dc.title KINERJA KEPALA SEKOLAH MELAKUKAN SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENGEMBANGKAN PROFESIONALISME GURU (STUDI DI SDN 021 SIABU KABUPATEN MANDAILING NATAL) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account