Abstract:
Penelitian ini bertujuan mengetahui kinerja kepala sekolah melakukan supervisi
akademik dalam mengembangkan profesionalisme guru di SDN 021 Siabu
Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi,
wawancara mendalam, dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kinerja kepala sekolah dalam melakukan supervisi akademik di SDN 021
Siabu adalah dilaksanakan secara terstruktur, reflektif, kolaboratif, dan
berkelanjutan melalui tahapan kinerja dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan
tindak lanjut. Pelaksanaan supervisi berbasis coaching terbukti meningkatkan
kompetensi guru, tercermin dari peningkatan nilai kinerja di aplikasi GTK dan
perubahan indikator kualitas pembelajaran dalam Rapor Pendidikan dari kategori
kuning (rendah) menjadi hijau (baik). Secara keseluruhan, supervisi akademik oleh
kepala sekolah berkontribusi besar terhadap pengembangan profesionalisme guru
secara holistik, mencakup kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan
profesional, serta mendorong budaya refleksi yang memperkuat kualitas
pembelajaran agar lebih adaptif terhadap kurikulum dan kemajuan teknologi.