| dc.description.abstract |
Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kuantitatif yang bertujuan untuk
menganalisis Pengaruh Pengembangan SDM (X1) dan Lingkungan Kerja (X2)
terhadap Kinerja Tenaga Pendidik (Y), yang di intervening oleh Komitmen
Organisasi (Z) studi kasus pada Lembaga Pendidikan Ma’had Abu Ubaidah bin Al
Jarrah Medan. Sampel penelitian ini adalah Tenaga Pendidik Ma’had Abu Ubaidah
bin Al Jarrah Medan berjumlah 35 orang dengan teknik sampling jenuh.
Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan pengolahan data menggunakan
program software PLS (Partial Least Square) 3.0. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Pengembangan SDM
terhadap Kinerja Tenaga Pendidik, Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Tenaga
Pendidik, Lingkungan Kerja terhadap Komitmen Organisasi, Komitmen Organisasi
terhadap Kinerja Tenaga Pendidik dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Tenaga
Pendidik melalui Komitmen Organisasi Ma’had Abu Ubaidah bin Al Jarrah Medan.
Sedangkan hubungan antara Pengembangan SDM terhadap Komitmen Organisasi
dan Pengembangan SDM terhadap Kinerja Tenaga Pendidik melalui Komitmen
Organisasi tidak berpengaruh signifikan karena adanya faktor-faktor mediasi lain
yang lebih dominan. Walaupun Pengembangan SDM bisa meningkatkan
keterampilan dan kompetensi, komitmen organisasi tidak selalu menjadi jembatan
yang kuat antara pengembangan tersebut dan peningkatan kinerja. Untuk itu
diharapkan kepada Ma’had Abu Ubaidah bin Al Jarrah Medan dalam hal
melakukan peningkatan Kinerja Tenaga Pendidik agar memperhatikan kualitas
Pengembangan SDM, menciptakan Lingkungan Kerja yang kondusif dan
menumbuhkan Komitmen Organisasi yang dapat memaksimalkan kinerja yang
belum optimal. |
en_US |