Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir tingkat
tinggi dalam pemecahan masalah matematika pada siswa SMP PGRI 3 Medan T.P
2017/2018 Efektif ditinjau dari ketuntasan belajar siswa dan respon siswa. Pada
hasil test awal (pre test) diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 62,20 dengan
11 siswa yang tuntas dan 24 siswa yang tidak tuntas serta ketuntasan klasikal
sebesar 31,42% dan berada pada kategori sangat kurang efektif. Sedangkan pada
tes akhir diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 90 dengan 35 siswa yang
tuntas serta tingkat ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 100% dan berada pada
kategori efektif. Ditinjau dari respon siswa memperoleh persentase 81% dan berada
pada kategori Positif dalam merespon pembelajaran dikelas. Berdasarkan deskripsi
di atas, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika yang
dilaksanakan pada pokok bahasan pecahan Efektif pada siswa kelas VII-6 SMP
PGRI 3 Medan T.P 2017/2018.