Research Repository

Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Di Sanggar Bimbingan Belajar Kampung Baru Malaysia

Show simple item record

dc.contributor.author Tambunan, M. Ikhwan Jubaidi
dc.date.accessioned 2025-11-08T09:25:48Z
dc.date.available 2025-11-08T09:25:48Z
dc.date.issued 2025-08-26
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29962
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak penerapan modul pembelajaran berbasis Understanding by Design (UbD) terhadap tingkat keaktifan siswa di Sanggar Belajar Kepong, Malaysia. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain pretest-posttest pada satu kelompok. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa di Sanggar Belajar Kepong, yang berjumlah 15 orang, dengan pengambilan sampel secara purposive. Instrumen yang digunakan berupa 15 soal pilihan ganda yang dirancang untuk mengukur keaktifan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya materi cerita rakyat. Data dianalisis melalui uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogeneity, dan pengujian hipotesis. Hasil studi menunjukkan adanya perbedaan signifikan pada tingkat keaktifan siswa sebelum dan setelah penggunaan modul berbasis UbD, dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05. Penerapan model ini terbukti mampu meningkatkan keaktifan siswa pada lima aspek utama: interaksi dengan guru, keterlibatan dalam diskusi, partisipasi aktif dalam kelompok, keberanian menjawab pertanyaan, serta usaha menyelesaikan tugas. Temuan ini memperkuat bahwa penggunaan modul berbasis UbD adalah solusi yang efektif untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Modul Ajar en_US
dc.subject Understanding by Design en_US
dc.subject Minat Siswa en_US
dc.subject Pembelajaran Bahasa Indonesia en_US
dc.title Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Di Sanggar Bimbingan Belajar Kampung Baru Malaysia en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account