Research Repository

PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN FINANCIAL TECHNOLOGY TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI DENGAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI KASUS PADA GENERASI Z DI KOTA MEDAN)

Show simple item record

dc.contributor.author NUR FADLILAH, HANUM HARAHAP
dc.date.accessioned 2025-11-07T04:01:33Z
dc.date.available 2025-11-07T04:01:33Z
dc.date.issued 2025-09-11
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29929
dc.description.abstract Peningkatan data investor (Single Investor Identification) menunjukkan minat yang semakin tinggi dalam aktivitas investasi, dimana kegiatan investasi ini membutuhkan keputusan investasi yang baik dengan mempertimbangkan beberapa faktor yang mempengaruhinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis sejauh mana pengaruh literasi keuangan dan Financial Technology terhadap keputusan investasi yang dimoderasi oleh media sosial pada generasi z di Kota Medan. Populasi dalam penelitian yaitu generasi z yang berdomisisli di Kota Medan. Sampel dalam penelitian ini dihitung dengan menggunakan rumus Lemeshow dengan tingkat kesalahan sebesar 10% sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 96 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuatitatif. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan kuesioner yang disebar secara online melalui Google Form dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Puposive Sampling. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji Outer Model, uji Inner Model, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel literasi keuangan dan Financial Technology tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi. Media sosial juga tidak mampu memoderasi pengaruh variabel literasi keuangan terhadap keputusan investasi ataupun pengaruh variabel Financial Technology terhadap keputusan investasi. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Literasi Keuangan en_US
dc.subject Financial Technology en_US
dc.subject Media Sosial en_US
dc.subject Keputusan Investasi en_US
dc.subject Generasi Z en_US
dc.subject Kota Medan en_US
dc.title PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN FINANCIAL TECHNOLOGY TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI DENGAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI KASUS PADA GENERASI Z DI KOTA MEDAN) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account