Abstract:
Peningkatan data investor (Single Investor Identification) menunjukkan minat yang
semakin tinggi dalam aktivitas investasi, dimana kegiatan investasi ini membutuhkan
keputusan investasi yang baik dengan mempertimbangkan beberapa faktor yang
mempengaruhinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis sejauh
mana pengaruh literasi keuangan dan Financial Technology terhadap keputusan investasi
yang dimoderasi oleh media sosial pada generasi z di Kota Medan. Populasi dalam
penelitian yaitu generasi z yang berdomisisli di Kota Medan. Sampel dalam penelitian ini
dihitung dengan menggunakan rumus Lemeshow dengan tingkat kesalahan sebesar 10%
sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 96 responden. Metode penelitian yang
digunakan adalah pendekatan kuatitatif. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan
kuesioner yang disebar secara online melalui Google Form dengan teknik pengambilan
sampel yang digunakan yaitu Puposive Sampling. Adapun analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu uji Outer Model, uji Inner Model, dan uji hipotesis. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa variabel literasi keuangan dan Financial Technology tidak
berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi. Media sosial juga tidak mampu
memoderasi pengaruh variabel literasi keuangan terhadap keputusan investasi ataupun
pengaruh variabel Financial Technology terhadap keputusan investasi.