| dc.description.abstract |
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Media Animasi terhadap
Penggunaan Kalimat Tanya Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia Kelas II SD PAB 4 Manunggal. Rumusan masalah dalam
penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh media animasi terhadap penggunaan
kalimat tanya siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas II SD PAB 4
Manunggal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari media
animasi terhadap penggunaan kalimat tanya siswa pada mata pelajaran bahasa
Indonesia kelas II SD PAB 4 Manunggal. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian jenis penelitian kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini siswa
kelas II SD PAB 4 Manunggal yang berjumlah sebanyak 50 siswa. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini ialah probability sampling yang dimana peneliti
menggunakan seluruh populasi. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas II-A
berjumlah 25 siswa dan siswa kelas II-B berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan
data menggunakan instrumen tes. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini
menggunakan rumus uji t-test dengan uji prasyarat seperti uji normalitas dan uji
homogenitas. Hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa penggunaan media
animasi mempunyai nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 , menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan terhadap perlakuan yang diberikan oleh masing
masing variabel. Maka Ho ditolak dan Ha diterima atau terdapat pengaruh media
animasi terhadap penggunaan kalimat tanya siswa. Berdasarkan hasil analisis data
yang dilakukan memperoleh rata-rata penggunaan kalimat tanya siswa pada kelas
kontrol sebesar 44,4. Sedangkan rata-rata penggunaan kalimat tanya siswa pada
kelas eksperimen sebesar 83,2. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
media animasi terhadap penggunaan kalimat tanya siswa pada mata pelajaran
bahasa Indonesia kelas II SD PAB 4 Manunggal. |
en_US |