Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pemahaman siswa pada
mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKN) di SD Negeri 106148 Bulu
Cina, Deli Serdang, Sumatera Utara. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui dan
menganalisis sejauh mana siswa dalam minat belajar terhadap mata pelajaran PKN.
Selanjutnya, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor
penyebab rendahnya hasil belajar siswa, sehingga dapat ditemukan solusi yang tepat dalam
meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Pendekatan dalam penelitian ini adalah dengan
menggunakan pendekatan desktiptif Lokasi penelitian ini di lakukan pada SD Negeri 106148
Bulu Cina Deli Serdang Sumatera Utara.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa Hasil belajar siswa Hasil post-test menunjukkan
adanya peningkatan distribusi nilai siswa ke arah yang lebih tinggi, dengan nilai rata-rata 86,54
dan modus nilai pada kategori tinggi (90). Hal ini mencerminkan bahwa proses pembelajaran
PKN yang diterapkan mampu meningkatkan pemahaman sebagian besar siswa terhadap
materi yang diajarkan. Meskipun hasil post-test menunjukkan capaian yang baik secara umum,
masih terdapat beberapa siswa dengan nilai di bawah standar minimal. Oleh karena itu,
diperlukan bimbingan tambahan dan pendekatan pembelajaran individual guna memastikan
pemerataan hasil belajar dan tercapainya tujuan pembelajaran secara menyeluruh.