Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk melihat Penerapan model Modelling The Way
berhasil meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III SD Negeri 064026
Medan Tuntungan, terlihat dari peningkatan rata-rata skor keterampilan berbicara
dari siklus I sebesar 57,14% menjadi 74,3% pada siklus II, menunjukkan adanya
kemajuan yang signifikan dalam kemampuan berbicara siswa.Keefektifan
penerapan Modelling The Way dalam pembelajaran keterampilan berbicara
Bahasa Indonesia di kelas III SD Negeri 064026 Medan Tuntungan terbukti
dengan peningkatan aktivitas guru dari 57,14% pada siklus I menjadi 85,71%
pada siklus II, yang menunjukkan bahwa model ini sangat efektif dalam
mendukung proses pembelajaran.Model Modelling The Way efektif dalam
meningkatkan keaktifan siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III SD
Negeri 064026 Medan Tuntungan, yang dibuktikan dengan kenaikan persentase
aktivitas siswa dari 57,14% pada siklus I menjadi 89,29% pada siklus II,
menandakan bahwa siswa lebih aktif dan terlibat dalam pembelajaran.