| dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran komik
interaktif digital dan menguji kelayakan media komik interaktif digital pada
pembelajaran matematika materi pecahan pada siswa kelas III SD Muhammadiyah
18 Medan. Instrumen peneltian yang digunakan yaitu validasi ahli materi, ahli
desain, dan ahli bahasa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu
wawancara dan angket. Penelitian ini berjenis Research and Development (R&D)
dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan
Evaluation). Tahap analisis mencakup pada analisis kebutuhan dan analisis
karakteristik peserta didik. Tahap desain mencakup pada tahapan merancang media
yang dikembangkan serta menyusun instrumen. Tahap pengembangan mencakup
pada kevalidan dari tiga para ahli. Tahap implementasi yaitu tahap uji coba produk
kepada guru dan siswa. Subjek penelitian pada pengembangan yang terlibat antara
lain validator ahli materi, ahli desain dan ahli bahasa. Sedangkan, subjek penelitian
pada implementasi atau tahap uji coba kepraktisan yang terlibat antara lain guru dan
siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kelayakan menggunakan skala
likert dengan kategori yang disusun dalam bentuk checklist. Hasil pengembangan
yang dilakukan dengan penilaian para ahli yaitu validator ahli materi 100% masuk
dalam kriteria “sangat valid”, validator ahli desain 94% masuk dalam kriteria
“sangat valid” dan validator ahli bahasa 100% masuk dalam kriteria “sangat valid”.
Pada kepraktisan guru yang diperoleh mendapatkan persentase100% masuk dalam
kriteria “sangat praktis”. Pada uji coba produk yang dilakukan pada kelas III SD
Muhammadiyah 18 Medan dengan jumlah siswa 25 orang. Dari keseluruhan respon
siswa mendapatkan 88.08% masuk dalam kriteria “sangat praktis”. Sehingga dapat
disimpulkan media pembelajaran komik interaktif digital layak digunakan sebagai
media pembelajaran pada materi pecahan untuk siswa kelas III Sekolah Dasar. |
en_US |