Research Repository

PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK INTERAKTIF DIGITAL MATERI PECAHAN SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH 18 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author ANASTASYA, KHAYLA
dc.date.accessioned 2025-11-06T04:17:05Z
dc.date.available 2025-11-06T04:17:05Z
dc.date.issued 2025-07-06
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29880
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran komik interaktif digital dan menguji kelayakan media komik interaktif digital pada pembelajaran matematika materi pecahan pada siswa kelas III SD Muhammadiyah 18 Medan. Instrumen peneltian yang digunakan yaitu validasi ahli materi, ahli desain, dan ahli bahasa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan angket. Penelitian ini berjenis Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Tahap analisis mencakup pada analisis kebutuhan dan analisis karakteristik peserta didik. Tahap desain mencakup pada tahapan merancang media yang dikembangkan serta menyusun instrumen. Tahap pengembangan mencakup pada kevalidan dari tiga para ahli. Tahap implementasi yaitu tahap uji coba produk kepada guru dan siswa. Subjek penelitian pada pengembangan yang terlibat antara lain validator ahli materi, ahli desain dan ahli bahasa. Sedangkan, subjek penelitian pada implementasi atau tahap uji coba kepraktisan yang terlibat antara lain guru dan siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kelayakan menggunakan skala likert dengan kategori yang disusun dalam bentuk checklist. Hasil pengembangan yang dilakukan dengan penilaian para ahli yaitu validator ahli materi 100% masuk dalam kriteria “sangat valid”, validator ahli desain 94% masuk dalam kriteria “sangat valid” dan validator ahli bahasa 100% masuk dalam kriteria “sangat valid”. Pada kepraktisan guru yang diperoleh mendapatkan persentase100% masuk dalam kriteria “sangat praktis”. Pada uji coba produk yang dilakukan pada kelas III SD Muhammadiyah 18 Medan dengan jumlah siswa 25 orang. Dari keseluruhan respon siswa mendapatkan 88.08% masuk dalam kriteria “sangat praktis”. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran komik interaktif digital layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi pecahan untuk siswa kelas III Sekolah Dasar. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject media pembelajaran en_US
dc.subject komik interaktif digital en_US
dc.title PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK INTERAKTIF DIGITAL MATERI PECAHAN SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH 18 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account