| dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gamifikasi terhadap
keaktifan belajar IPAS siswa kelas IV SDN 130001 Tanjungbalai. Metode
penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen one group
pre-test post-test. Subjek penelitian adalah 26 siswa kelas IV. Instrumen penelitian
meliputi tes dan lembar observasi keaktifan belajar. Hasil penelitian menunjukkan
adanya peningkatan signifikan keaktifan belajar siswa setelah menggunakan
media gamifikasi. Sebelum perlakuan, tingkat keaktifan siswa masih rendah,
hanya 19,2% yang mencapai kriteria aktif. Setelah penerapan media gamifikasi,
ketuntasan klasikal meningkat menjadi 73% dengan nilai N-Gain sebesar 0,68
yang berada pada kategori ―sedang‖. Uji hipotesis menghasilkan thitung = 5,257 >
ttabel = 1,710 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa penggunaan media gamifikasi berpengaruh positif terhadap
peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. |
en_US |