| dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya mengajar guru
dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas V SD Negeri
066659 Medan Marelan. Latar belakang penelitian didasarkan pada rendahnya
minat belajar siswa terhadap pelajaran Matematika yang terlihat dari kurangnya
antusiasme, keterlibatan, dan perhatian siswa selama proses pembelajaran.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang
berjumlah 40 orang, dengan teknik total sampling sehingga seluruh populasi
dijadikan sampel. Instrumen penelitian berupa angket gaya mengajar guru dan
angket minat belajar siswa, yang telah divalidasi melalui expert judgment.
Analisis data dilakukan dengan uji korelasi Product Moment Pearson dan
koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi
sebesar 0,414 dengan rtabel sebesar 0,312, sehingga r > rtabel yang berarti
terdapat hubungan signifikan antara gaya mengajar guru dan minat belajar siswa.
Nilai koefisien determinasi sebesar 17,14% menunjukkan bahwa gaya mengajar
guru berkontribusi terhadap minat belajar siswa, sedangkan sisanya dipengaruhi
oleh faktor lain. Kesimpulan penelitian ini adalah semakin baik gaya mengajar
guru, semakin tinggi minat belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. |
en_US |