Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROUND ROBIN BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 10 SUMBER PADI

Show simple item record

dc.contributor.author -, AMALIA
dc.date.accessioned 2025-11-06T04:03:19Z
dc.date.available 2025-11-06T04:03:19Z
dc.date.issued 2025-05-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29871
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih berpusat pada guru menyebabkan siswa tidak terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Round Robin Brainstorming terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 10 Sumber Padi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling purposive. Teknik sampling purposive merupakan teknik pengumpulan sampel dengan pertimbangan atau maksud tertentu. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV A sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan model pembelajaran Round Robin Brainstorming dan kelas IV B sebagai kelas kontrol yang diberikan perlakuan model pembelajaran konvensional (ceramah). Pengambilan data menggunakan instrumen pre-test dan post-test berbentuk soal essai yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Penelitian ini menunjukkan hasil pre-test bahwa nilai rata-rata ketercapaian indikator kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen adalah 72,35 dan kelas kontrol adalah 67,5. Selanjutnya terdapat perubahan yang signifikan terhadap nilai rata-rata kelas eksperimen dari nilai 72,35 menjadi 82,1. Nilai rata-rata tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol, dari nilai 67,5 menjadi 75,25. Hasil uji hipotesis data post-test dengan uji T menunjukkan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000, karena nilai (sig.) kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hal tersebut menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran Round Robin Brainstorming terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 10 Sumber Padi. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Model Pembelajaran Round Ro en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROUND ROBIN BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 10 SUMBER PADI en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account