Research Repository

Strategi Evaluasi Pembelajaran Pai Yang Menyeluruh Dan Berkelanjutan Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Swasta Smp Muhammadiyah 56 Binjai

Show simple item record

dc.contributor.author Harahap, Fachrul Roza
dc.date.accessioned 2025-11-05T09:52:19Z
dc.date.available 2025-11-05T09:52:19Z
dc.date.issued 2025-09-12
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29838
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi sistem evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang sedang berjalan, merumuskan strategi evaluasi yang menyeluruh dan berkelanjutan, serta mengukur dampak implementasi strategi tersebut dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMP Muhammadiyah 56 Binjai. Latar belakang penelitian ini adalah kebutuhan akan evaluasi PAI yang tidak hanya berfokus pada aspek kognitif, melainkan juga afektif dan psikomotorik, sejalan dengan tuntutan kurikulum dan pembentukan karakter Islami. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru PAI, dan siswa, serta observasi langsung dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem evaluasi PAI di SMP Muhammadiyah 56 Binjai telah menerapkan pendekatan komprehensif yang mencakup penilaian kognitif (melalui tes tertulis), afektif (melalui observasi perilaku), dan psikomotorik (melalui praktik ibadah). Strategi evaluasi ini bersifat berkelanjutan dengan pemberian umpan balik langsung dan integrasi dengan program keagamaan sekolah. Implementasi strategi ini berdampak positif signifikan terhadap peningkatan pemahaman materi, penguatan karakter, dan peningkatan keterampilan praktis siswa. Meskipun terdapat hambatan seperti keterbatasan waktu, dukungan manajemen sekolah dan kompetensi guru menjadi faktor pendukung utama. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi evaluasi yang menyeluruh dan berkelanjutan efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI secara holistik. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Evaluasi Pembelajaran en_US
dc.subject PAI en_US
dc.subject Menyeluruh en_US
dc.subject Berkelanjutan en_US
dc.title Strategi Evaluasi Pembelajaran Pai Yang Menyeluruh Dan Berkelanjutan Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Swasta Smp Muhammadiyah 56 Binjai en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account