Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas IV di SD Muhammadiyah 08 Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Fazira, Dira
dc.date.accessioned 2025-11-05T09:48:33Z
dc.date.available 2025-11-05T09:48:33Z
dc.date.issued 2025-07-07
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29837
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Coposition (CIRC) terhadap Minat Belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah 08 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan kelompok one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Muhammadiyah 08 Medan yang berjumlah 28 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata siswa tanpa menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) yaitu 55 banding 85. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sebelum menggunakan model pembelajaran CIRC yaitu 80. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa setelah menggunakan model pembelajaran CIRC yaitu 100. Berdasarkan penelitian tersebut, diperoleh hasil perhitungan hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil nilai sig. (2 tailed) adalah 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Ha diterima Ho ditolak. Hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara pretest dan postest dengan dmeikian terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas IV di SD Muhammadiyah 08 Medan. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Cooperative Integrated Reading and Composition en_US
dc.subject Minat Belajar en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas IV di SD Muhammadiyah 08 Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account