| dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Cooperative Integrated Reading and Coposition (CIRC) terhadap Minat Belajar
siswa kelas IV SD Muhammadiyah 08 Medan. Jenis penelitian ini adalah
penelitian eksperimen dengan rancangan kelompok one group pretest-posttest
design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Muhammadiyah
08 Medan yang berjumlah 28 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
yaitu sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel.
Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Berdasarkan hasil penelitian bahwa
nilai rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative
Integrated Reading and Composition (CIRC), lebih tinggi dibandingkan dengan
nilai rata-rata siswa tanpa menggunakan model pembelajaran Cooperative
Integrated Reading and Composition (CIRC) yaitu 55 banding 85. Nilai tertinggi
yang diperoleh siswa sebelum menggunakan model pembelajaran CIRC yaitu 80.
Nilai tertinggi yang diperoleh siswa setelah menggunakan model pembelajaran
CIRC yaitu 100. Berdasarkan penelitian tersebut, diperoleh hasil perhitungan
hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil nilai sig. (2
tailed) adalah 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Ha diterima
Ho ditolak. Hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat
perbedaan yang sangat signifikan antara pretest dan postest dengan dmeikian
terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and
Composition (CIRC) Terhadap Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika
Untuk Siswa Kelas IV di SD Muhammadiyah 08 Medan. |
en_US |