| dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan
video animasi 2 dimensi pada pembelajaran IPAS, mulai dari tahap perencanaan,
pembuatan, hingga evaluasi media yang digunakan. Untuk Menganalisis respon
siswa terhadap penggunaan media video animasi 2 dimensi pada pembelajaran
IPAS, baik dari segi ketertarikan, pemahaman materi, maupun motivasi belajar
yang ditimbulkan. Untuk Menilai tingkat kepraktisan video animasi 2 dimensi
pada pembelajaran IPAS, meliputi kemudahan penggunaan oleh guru dan siswa,
kesesuaian dengan materi, serta efektivitasnya dalam mendukung proses
pembelajaran.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan media video animasi 2
dimensi pada pembelajaran IPAS terbukti efektif dalam meningkatkan hasil
belajar siswa. Berdasarkan pengamatan dan evaluasi selama uji coba, terjadi
peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep IPAS yang diajarkan,
yang terlihat dari hasil tes belajar maupun aktivitas kelas. Media ini juga berperan
dalam meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa, karena format video
animasi yang dinamis dan komunikatif membuat proses pembelajaran menjadi
lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Dengan demikian, inovasi media
ini tidak hanya memenuhi aspek validitas dan kepraktisan, tetapi juga berdampak
positif pada efektivitas pembelajaran. |
en_US |