| dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh influencer endorsement dan
user interface terhadap keputusan pembelian produk investasi, dengan minat beli
sebagai variabel mediasi, pada pengguna aplikasi Bibit di Kota Medan. Fenomena
meningkatnya jumlah investor muda dan popularitas aplikasi Bibit mendorong
pentingnya pemahaman faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian di
era digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) 3.0.
Sampel sebanyak 396 responden diperoleh melalui teknik purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa influencer endorsement dan user interface
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Selain itu, minat beli juga
memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Influencer
endorsement terbukti secara langsung ataupun melalui minat beli memengaruhi
keputusan pembelian secara signifikan. Begitu pula user interface yang memiliki
pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, baik secara langsung maupun
dimediasi oleh minat beli. Penelitian ini juga menemukan bahwa influencer
endorsement memiliki pengaruh paling besar terhadap minat beli dengan nilai path
coefficient 0.582. Sementara itu, pengaruh user interface yang dimediasi oleh minat
beli memiliki pengaruh terkecil dengan nilai 0.104. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa promosi melalui influencer yang kredibel lebih efektif dalam
mendorong pembelian produk investasi di aplikasi Bibit dibandingkan tampilan
antarmuka pengguna. |
en_US |