Research Repository

PENGARUH INFLUENCER ENDORSEMENT DAN USER INTERFACE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK INVESTASI YANG DIMEDIASI OLEH MINAT BELI PADA APLIKASI BIBIT DI KOTA

Show simple item record

dc.contributor.author UTARI NASUTION, ANGGI SYERLINA
dc.date.accessioned 2025-11-05T03:54:29Z
dc.date.available 2025-11-05T03:54:29Z
dc.date.issued 2025-08-23
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29815
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh influencer endorsement dan user interface terhadap keputusan pembelian produk investasi, dengan minat beli sebagai variabel mediasi, pada pengguna aplikasi Bibit di Kota Medan. Fenomena meningkatnya jumlah investor muda dan popularitas aplikasi Bibit mendorong pentingnya pemahaman faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian di era digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) 3.0. Sampel sebanyak 396 responden diperoleh melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa influencer endorsement dan user interface berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Selain itu, minat beli juga memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Influencer endorsement terbukti secara langsung ataupun melalui minat beli memengaruhi keputusan pembelian secara signifikan. Begitu pula user interface yang memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, baik secara langsung maupun dimediasi oleh minat beli. Penelitian ini juga menemukan bahwa influencer endorsement memiliki pengaruh paling besar terhadap minat beli dengan nilai path coefficient 0.582. Sementara itu, pengaruh user interface yang dimediasi oleh minat beli memiliki pengaruh terkecil dengan nilai 0.104. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi melalui influencer yang kredibel lebih efektif dalam mendorong pembelian produk investasi di aplikasi Bibit dibandingkan tampilan antarmuka pengguna. en_US
dc.subject Influencer Endorsement en_US
dc.subject User Interface en_US
dc.subject Minat Beli en_US
dc.subject Keputusan Pembelian en_US
dc.subject Aplikasi Bibit en_US
dc.title PENGARUH INFLUENCER ENDORSEMENT DAN USER INTERFACE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK INVESTASI YANG DIMEDIASI OLEH MINAT BELI PADA APLIKASI BIBIT DI KOTA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account