Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Touch and Play
3D images berbasis Adobe Flash terhadap kemampuan berbicara peserta didik kelas IV SD Al
Ittihadiyah Laut Dendang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Rumusan masalah
penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh penggunaan Media Touch and Play 3D images
Berbasis Adobe Flash Terhadap Kemampuan Berbicara Peserta Didik Kelas IV SD Al
Ittihadiyah Laut Dendang . Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh
penggunaan media Touch and Play 3D images berbasis Adobe Flash terhadap kemampuan
berbicara peserta didik kelas IV SD Al- Ittihadiyah Laut Dendan.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan B Al-Ittihadiyah laut dendang yang
terdiri dari 2 kelas yaitu sebanyak 60 siswa.sampel yang digunakan yaitu 2 kelas yaitu kelas 1V
A sebanyak 30 siswa dan kelas IV B sebanyak 30 siswa yang berjumlah seluruhnya ialah 60
siswa.teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ialah 1.uji homogenitas, 2. Uji
normalitas . Data yang di peroleh dan di analisis dengan menggunakan Uji-t, yaitu uji Independent
Sampel Test. Hal ini terlihat dari data analisis uji hipotesis dengan uji Independent Sampel Test
menggunakan SPSS 20 for windows. Hasil dari uji u-test menunjukkan bahwa nilai sig (2 tailed) =
0,000 dengan pengambilan keputusan jika sig <0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat
disimpulkan bahwa adanya Pengaruh PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TOUCH
AND PLAY 3D IMAGES BERBASIS ADOBE FLASH TERHADAP KEMAMPUAN
BERBICARA PESERTA DIDIK