Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif
berbasis permainan tradisional Patok Lele pada materi Sistem Persamaan Linear
Tiga Variabel (SPLTV) untuk siswa kelas X SMK, serta menganalisis kelayakan
dan efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D)
dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap Analisis, Desain,
Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subjek penelitian terdiri dari ahli
materi, ahli media, guru matematika, dan siswa kelas X SMK PAB 3 Medan
Estate. Instrumen penelitian berupa lembar validasi ahli dan angket respon siswa.
Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh persentase kelayakan sebesar 92%
(kategori sangat valid), sedangkan hasil validasi oleh ahli media memperoleh
persentase kelayakan sebesar 91% (kategori sangat valid). Uji coba terbatas
kepada 10 siswa menghasilkan persentase respon sebesar 87% (kategori sangat
menarik). Penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Patok Lele terbukti
membantu siswa memahami konsep SPLTV secara lebih kontekstual,
meningkatkan motivasi belajar, dan menciptakan suasana pembelajaran yang aktif
serta menyenangkan. Dengan demikian, media pembelajaran interaktif ini layak
digunakan sebagai alternatif media pembelajaran matematika khususnya pada
materi SPLTV, serta berpotensi untuk dikembangkan pada materi matematika
lainnya dengan pendekatan berbasis permainan tradisional dan etnomatematika.