Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29790
Title: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Permainan Tradisional Patok Lele
Authors: nurhaliza, Siti
Keywords: permainan tradisional
Issue Date: 22-Aug-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis permainan tradisional Patok Lele pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) untuk siswa kelas X SMK, serta menganalisis kelayakan dan efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subjek penelitian terdiri dari ahli materi, ahli media, guru matematika, dan siswa kelas X SMK PAB 3 Medan Estate. Instrumen penelitian berupa lembar validasi ahli dan angket respon siswa. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh persentase kelayakan sebesar 92% (kategori sangat valid), sedangkan hasil validasi oleh ahli media memperoleh persentase kelayakan sebesar 91% (kategori sangat valid). Uji coba terbatas kepada 10 siswa menghasilkan persentase respon sebesar 87% (kategori sangat menarik). Penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Patok Lele terbukti membantu siswa memahami konsep SPLTV secara lebih kontekstual, meningkatkan motivasi belajar, dan menciptakan suasana pembelajaran yang aktif serta menyenangkan. Dengan demikian, media pembelajaran interaktif ini layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran matematika khususnya pada materi SPLTV, serta berpotensi untuk dikembangkan pada materi matematika lainnya dengan pendekatan berbasis permainan tradisional dan etnomatematika.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29790
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi sitinurhaliza_085730 (2).pdfFull Text8.17 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.