Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
pengawasan terhadap kinerja guru melalui disiplin kerja secara langsung
maupun secara tidak langsung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian
ini adalah pendekatan kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru
SMA Negeri 8 Medan. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh
sebanyak 52 orang guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan teknik angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan analisis statistik dengan
menggunkana uji Analisis Auter Model, Analisis Inner Model, dan Uji Hipotesis.
Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software PLS (Partial
Least Square). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara langsung
pengawasan dan disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru,
pengawasan berpengaruh signifikan terhadap disiplin kerja, dan secara tidak
langsung pengawasan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru melalui disiplin
kerja pada SMA Negeri 8 Medan.