Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Al-Hira’ terhadap
kualitas bacaan Al-Qur‟an siswa di SMP Nurul Hasanah. Latar belakang penelitian ini berawal dari
rendahnya kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa, di mana masih banyak siswa yang belum
mampu membaca dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah tajwid. Kondisi tersebut disebabkan
oleh keterbatasan waktu pembelajaran Bimbingan Tilawah Al-Qur‟an (BTQ), kurangnya variasi
metode pengajaran, serta rendahnya motivasi siswa dalam mempelajari Al-Qur‟an. Metode Al
Hira’, yang dikembangkan oleh Dr. H. Muhammad Roihan Nasution, Lc., M.A., menawarkan
pendekatan pembelajaran membaca Al-Qur‟an secara cepat dan sistematis dengan sistem baca
langsung tanpa ejaan, serta dapat membantu siswa mengenal huruf, baris, dan tajwid dalam waktu
relatif singkat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian
eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa SMP Nurul Hasanah yang dipilih melalui observasi
awal, terdiri dari kelompok sebelum dan sesudah penerapan metode Al-Hira’. Teknik pengumpulan
data dilakukan melalui observasi, tes (pretest dan posttest), serta dokumentasi. Analisis data
menggunakan uji statistik parametrik Paired Sample T-Test untuk melihat perbedaan signifikan
antara hasil sebelum dan sesudah perlakuan.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan
membaca Al-Qur‟an siswa setelah diterapkannya metode Al-Hira’. Nilai rata-rata posttest
meningkat dibandingkan pretest, yang menunjukkan bahwa penggunaan metode Al-Hira’
berpengaruh positif terhadap peningkatan kualitas bacaan Al-Qur‟an siswa. Selain itu, metode ini
terbukti efektif karena mampu meningkatkan pemahaman tajwid, ketepatan makharijul huruf, dan
kelancaran bacaan dalam waktu yang relatif singkat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
penerapan metode Al-Hira’ merupakan salah satu alternatif pembelajaran yang efektif dan efisien
dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur‟an di lingkungan sekolah menengah pertama.