Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29701| Title: | PENGARUH PENGGUNAAN METODE AL-HIRA’ TERHADAP KUALITAS BACAAN AL-QUR’AN SISWA DI SMP NURUL HASANAH |
| Authors: | MUHAMMAD, DIRAR NASUTION |
| Keywords: | Metode Al-Hira‟ Kualitas Bacaan Al-Qur‟an;Pembelajaran Al-Qur'an;Siswa SMP Nurul Hasanah |
| Issue Date: | 12-Sep-2025 |
| Publisher: | UMSU |
| Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Al-Hira’ terhadap kualitas bacaan Al-Qur‟an siswa di SMP Nurul Hasanah. Latar belakang penelitian ini berawal dari rendahnya kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa, di mana masih banyak siswa yang belum mampu membaca dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah tajwid. Kondisi tersebut disebabkan oleh keterbatasan waktu pembelajaran Bimbingan Tilawah Al-Qur‟an (BTQ), kurangnya variasi metode pengajaran, serta rendahnya motivasi siswa dalam mempelajari Al-Qur‟an. Metode Al Hira’, yang dikembangkan oleh Dr. H. Muhammad Roihan Nasution, Lc., M.A., menawarkan pendekatan pembelajaran membaca Al-Qur‟an secara cepat dan sistematis dengan sistem baca langsung tanpa ejaan, serta dapat membantu siswa mengenal huruf, baris, dan tajwid dalam waktu relatif singkat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa SMP Nurul Hasanah yang dipilih melalui observasi awal, terdiri dari kelompok sebelum dan sesudah penerapan metode Al-Hira’. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes (pretest dan posttest), serta dokumentasi. Analisis data menggunakan uji statistik parametrik Paired Sample T-Test untuk melihat perbedaan signifikan antara hasil sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa setelah diterapkannya metode Al-Hira’. Nilai rata-rata posttest meningkat dibandingkan pretest, yang menunjukkan bahwa penggunaan metode Al-Hira’ berpengaruh positif terhadap peningkatan kualitas bacaan Al-Qur‟an siswa. Selain itu, metode ini terbukti efektif karena mampu meningkatkan pemahaman tajwid, ketepatan makharijul huruf, dan kelancaran bacaan dalam waktu yang relatif singkat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Al-Hira’ merupakan salah satu alternatif pembelajaran yang efektif dan efisien dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur‟an di lingkungan sekolah menengah pertama. |
| URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29701 |
| Appears in Collections: | Islamic Education |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| SKRIPSI MUHAMMAD DIRAR NASUTION.pdf | Full Text | 2.02 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.