Research Repository

IMPLEMENTASI CHATBOT UNTUK MENINGKATKAN REALISME INTERAKSI NON PLAYABLE CHARACTER BERBASIS VIRTUAL

Show simple item record

dc.contributor.author NST, LUTHFI PRATAMA
dc.date.accessioned 2025-11-01T07:09:58Z
dc.date.available 2025-11-01T07:09:58Z
dc.date.issued 2025-09-13
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29691
dc.description.abstract Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) membuka peluang besar dalam pengembangan game interaktif, terutama pada peningkatan kualitas interaksi Non-Playable Character (NPC). Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan integrasi API ChatGPT pada NPC dinamis berbasis Unity 3D dan membandingkannya dengan NPC statis berbasis dialog bercabang. Metode yang digunakan adalah prototyping, dengan tahapan analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, dan pengujian prototipe game third-person. Hasil pengujian menunjukkan bahwa NPC dinamis mampu menghasilkan percakapan adaptif, responsif, kontekstual, serta mempertahankan alur percakapan secara lebih alami, berbeda dengan NPC statis yang repetitif dan terbatas. Meskipun memerlukan koneksi internet stabil dan memiliki potensi keterlambatan respons, integrasi ChatGPT terbukti meningkatkan realisme interaksi pemain dengan NPC. Penelitian ini memberikan bukti konsep (proof of concept) mengenai potensi penerapan AI dalam pengembangan game serta menjadi pijakan awal bagi penelitian lanjutan untuk menciptakan pengalaman bermain yang lebih imersif dan realistis. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Artificial Intelligence en_US
dc.subject ChatGPT API en_US
dc.title IMPLEMENTASI CHATBOT UNTUK MENINGKATKAN REALISME INTERAKSI NON PLAYABLE CHARACTER BERBASIS VIRTUAL en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account