Abstract:
Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) membuka
peluang besar dalam pengembangan game interaktif, terutama pada peningkatan
kualitas interaksi Non-Playable Character (NPC). Penelitian ini bertujuan
mengimplementasikan integrasi API ChatGPT pada NPC dinamis berbasis Unity
3D dan membandingkannya dengan NPC statis berbasis dialog bercabang.
Metode yang digunakan adalah prototyping, dengan tahapan analisis kebutuhan,
perancangan, implementasi, dan pengujian prototipe game third-person. Hasil
pengujian menunjukkan bahwa NPC dinamis mampu menghasilkan percakapan
adaptif, responsif, kontekstual, serta mempertahankan alur percakapan secara
lebih alami, berbeda dengan NPC statis yang repetitif dan terbatas. Meskipun
memerlukan koneksi internet stabil dan memiliki potensi keterlambatan respons,
integrasi ChatGPT terbukti meningkatkan realisme interaksi pemain dengan NPC.
Penelitian ini memberikan bukti konsep (proof of concept) mengenai potensi
penerapan AI dalam pengembangan game serta menjadi pijakan awal bagi
penelitian lanjutan untuk menciptakan pengalaman bermain yang lebih imersif
dan realistis.