Abstract:
Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan
membaca siswa kelas I di SD Yahdi. Rumusan masalah yang terdapat pada
penelitian ini adalah bagaimana upaya peningkatan kemampuan membaca dengan
menggunakan media kartu huruf pada siswa kelas I SD Yahdi. Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa dengan menggunakan
media kartu huruf pada sisa kelas I SD Yahdi. Jenis penelitian ini penelitian
tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Yahdi. subjek
penelitian ini berjumlah 20 siswa yang terdiri 10 perempuan dan 10 laki laki.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Intrumen
penelitian ini berupa tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa ada peningkatan hasil kemampuan membaca siswa dikelas I SD Yahdi.
hasil kemampuan membaca sebelum menggunakan media kartu huruf terdapat
55% dari 20 siswa belum bisa membaca. Pada siklus I terdapat 9 siswa yang
tuntas dengan persentase 45% dan siswa yang tidak tuntas 11 siswa dengan
persentase 55%. sedangkan siklus II hasil nya mengalami penngkatan lagi yaitu
meningkat terdapat 11 siswa sehingga persentase ketuntasan menjadi 100%.