Abstract:
Permasalahan pada penelitian adalah masih ada pengguna Shopee yang belum
mengerti prosedur pembayaran menggunakan sistem COD, beberapa penjual juga
masih ada yang mengirim barang yang tidak sesuai dengan yang dipesan
konsumen, estimasi pengiriman yang juga terkadang tidak sesuai dengan
keterangan yang dijadwalkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh kepuasan pelanggan dan kepercayaan terhadap minat beli ulang
pengguna Shopee pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas
Muhammadiyah Sumatera Utara. Bentuk penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif
dengan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan mahasiswa
angkatan 2019 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah
Sumatera Utara. Sampel penelitian berjumlah 91 responden melalui penyebaran
kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Analisis
Regresi Liner Berganda, Uji Hipotesis (Uji T dan Uji F), dan Koefisien
Determinasi melalui software SPSS. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa
kepuasan pelanggan dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap minat beli
ulang Shopee dimana kepuasan pelanggan dan kepercayaan mampu menjelaskan
variabel minat beli ulang sebesar 72% sedangkan 28% sisanya dipengaruhi oleh
faktor-faktor di luar model penelitian ini.