Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana strategi guru Pendidikan
agama islam dalam meningkatkan kesadaran lingkungan hidup. Lokasi penelitian
terletak di SMP Swasta Muhammadiyah 1 Medan. Metode penelitian yang
peneliti gunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik
pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan analisis dokumen. Subjek
penelitian adalah guru Pendidikan agama islam dan siswa SMP Swasta
Muhammadiyah 1 Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru
Pendidikan agama islam dalam meningkatkan kesadaran lingkungan hidup sudah
cukup berhasil. Namun ada beberapa hambatan yang dihadapi para guru
diantaranya : kurangnya kesadaran individual siswa, keterbatasan sarana dan
prasarana pendukung lingkungan hijau,minimnya pemanfaatan teknologi
pembelajaran yang relevan denga nisi lingkungan, belum optimalnya dukungan
dari pihak sekolah dan orang tua siswa serta pemahaman guru terhadap integrasi
Pendidikan lingkungan dalam Pendidikan agama islam juga masih perlu
ditingkatkan. Strategi guru PAI sangat bervariasi yang terdiri dari strategi
keteladanan, strategi pembiasaan, dan strategi integrasi. Hasil evaluasi
menunjukkan bahwa Sebagian besar siswa mampu meningkatkan kesadaran akan
lingkungan hidupnya, walaupun masih ada segelintir siswa yang masih belum
sadar akan kesadaran lingkungan hidupnya.