Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29494| Title: | STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KESADARAN LINGKUNGAN HIDUP DI SMP SWASTA MUHAMMADIYAH 1 MEDAN |
| Authors: | Aulia, Teuku Ahmed Fadhel |
| Keywords: | Metode pembelajaran bervariasi;Menghafal Al-Quran |
| Issue Date: | 30-Oct-2025 |
| Publisher: | umsu |
| Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana strategi guru Pendidikan agama islam dalam meningkatkan kesadaran lingkungan hidup. Lokasi penelitian terletak di SMP Swasta Muhammadiyah 1 Medan. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan analisis dokumen. Subjek penelitian adalah guru Pendidikan agama islam dan siswa SMP Swasta Muhammadiyah 1 Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru Pendidikan agama islam dalam meningkatkan kesadaran lingkungan hidup sudah cukup berhasil. Namun ada beberapa hambatan yang dihadapi para guru diantaranya : kurangnya kesadaran individual siswa, keterbatasan sarana dan prasarana pendukung lingkungan hijau,minimnya pemanfaatan teknologi pembelajaran yang relevan denga nisi lingkungan, belum optimalnya dukungan dari pihak sekolah dan orang tua siswa serta pemahaman guru terhadap integrasi Pendidikan lingkungan dalam Pendidikan agama islam juga masih perlu ditingkatkan. Strategi guru PAI sangat bervariasi yang terdiri dari strategi keteladanan, strategi pembiasaan, dan strategi integrasi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa Sebagian besar siswa mampu meningkatkan kesadaran akan lingkungan hidupnya, walaupun masih ada segelintir siswa yang masih belum sadar akan kesadaran lingkungan hidupnya. |
| URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29494 |
| Appears in Collections: | Islamic Education |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| 2101020122.pdf | Full Text | 1.89 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.