Abstract:
Era teknologi informasi sekarang ini perilaku nasabah atau konsumen banyak
berubah dalam melakukan transaksi perbankan, mobile banking merupakan salah satu
jenis pelayanan yang diberikan bank kepada nasabahnya agar dapat melakukan
transaksi perbankan di mana saja dan kapan saja dimana nasabah sangat
mengedepankan aspek kemudahan yang mendorong nasabah berperlaku konsumtif
dalam bertransaksi online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk
transaksi mobile banking nasabah bank syariah, faktor-faktor apa saja yang
mempengaruhi nasabah berperilaku konsumtif dalam menggunakan mobile
banking,dan Perilaku konsumtif dalam transaksi mobile banking nasabah Bank Sumut
ditinjau dalam perspektif ekonomi Islam. Jenis penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis data
bersifat statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Dalam
teknik pengumpulan data, instrumen yang digunakan peneliti dalam pengambilan data
adalah kuesioner, yaitu sejumlah pertanyaan tertulis yang digunakan untuk
memperoleh informasi dan Kuesioner diberikan kepada dan diisi oleh nasabah Bank
Sumut Capem Syariah HM. Joni Teladan Kec. Medan Area. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa: 1) Bentuk transaksi mobile banking nasabah Bank Sumut hampir
sama dengan mobile banking pada umumnya yang membedakan yaitu terdapat layanan
islami pada Sumut Mobile 2) Keunggulan serta kemudahan yang ada seperti
tersedianya layanan 24 jam serta keamanan menjadi faktor yang mempengaruhi
nasabah berperilaku konsumtif dalam menggunakan mobile banking, adapun faktor
lainnya yaitu perubahan pendapatan. 3) Sebagian besar nasabah Bank Sumut Capem
Syariah HM. Joni Kec. Teladan Medan Area
berperilaku konsumtif dalam
menggunakan mobile banking dimana hal ini tidak sesuai dengan prinsip ekonomi
dalam Islam.