Research Repository

ANALISIS TRANSAKSI MOBILE BANKING BANK SUMUT TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF NASABAH (Studi Kasus: PT. Bank Sumut Capem Syariah HM. Joni Teladan Kec. Medan Area)

Show simple item record

dc.contributor.author ANIS, FADHILAH PRAMONO
dc.date.accessioned 2025-10-29T02:20:57Z
dc.date.available 2025-10-29T02:20:57Z
dc.date.issued 2025-09-08
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29489
dc.description.abstract Era teknologi informasi sekarang ini perilaku nasabah atau konsumen banyak berubah dalam melakukan transaksi perbankan, mobile banking merupakan salah satu jenis pelayanan yang diberikan bank kepada nasabahnya agar dapat melakukan transaksi perbankan di mana saja dan kapan saja dimana nasabah sangat mengedepankan aspek kemudahan yang mendorong nasabah berperlaku konsumtif dalam bertransaksi online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk transaksi mobile banking nasabah bank syariah, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi nasabah berperilaku konsumtif dalam menggunakan mobile banking,dan Perilaku konsumtif dalam transaksi mobile banking nasabah Bank Sumut ditinjau dalam perspektif ekonomi Islam. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis data bersifat statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Dalam teknik pengumpulan data, instrumen yang digunakan peneliti dalam pengambilan data adalah kuesioner, yaitu sejumlah pertanyaan tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi dan Kuesioner diberikan kepada dan diisi oleh nasabah Bank Sumut Capem Syariah HM. Joni Teladan Kec. Medan Area. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bentuk transaksi mobile banking nasabah Bank Sumut hampir sama dengan mobile banking pada umumnya yang membedakan yaitu terdapat layanan islami pada Sumut Mobile 2) Keunggulan serta kemudahan yang ada seperti tersedianya layanan 24 jam serta keamanan menjadi faktor yang mempengaruhi nasabah berperilaku konsumtif dalam menggunakan mobile banking, adapun faktor lainnya yaitu perubahan pendapatan. 3) Sebagian besar nasabah Bank Sumut Capem Syariah HM. Joni Kec. Teladan Medan Area berperilaku konsumtif dalam menggunakan mobile banking dimana hal ini tidak sesuai dengan prinsip ekonomi dalam Islam. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Mobile Banking en_US
dc.subject Perilaku Konsumtif en_US
dc.subject Bank Sumut Syariah en_US
dc.title ANALISIS TRANSAKSI MOBILE BANKING BANK SUMUT TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF NASABAH (Studi Kasus: PT. Bank Sumut Capem Syariah HM. Joni Teladan Kec. Medan Area) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account