| dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model
pembelajaran project based learning berbantuan YouTube terhadap kemampuan
menulis cerpen siswa kelas Xl SMA Islam al ulum terpadu medan tahun ajaran
2024/2025.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan
menggunakan model eksperimen dengan desain penelitian Posstest Only Control
Design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas Xl-3 yang berjumlah 36 siswa
sebagai kelas eksperimen dan kelas Xl-1 yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas
kontrol. Penelitian ini menggunakan tes esai untuk mengolah data dengan teknik
analisis data menggunakan standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas dan uji
hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan dua variabel menunjukkan nilai
normalitas yang baik di atas nilai standar 0,05, uji homogenitas juga menunjukkan
nilai yang baik di atas nilai standar 0,05, sedangkan berdasarkan uji hipotesis pada
uji Independent Sampels Test diperoleh hasil thiting 8,02 dengan nilai df sebesar 66
sehingga di peroleh nilai ttabel =1,67 dengan demikian thitung > ttabel (8,02 > 1,67).
Dapat di simpulkan bahwa terdapat adanyan pengaruh model pembelajaran
project based learning berbantuan YouTube terhadap kemampuan menulis cerpen
siswa kelas Xl SMA Islam al ulum terpadu medan tahun pembelajaran 2024/2025. |
en_US |