Abstract:
Tujuan penelitian bertujuan untuk menganalisis beberapa hal yaitu pengaruh
celebrity endorsement, testimoni dan minat beli terhadap keputusan pembelian,
pengaruh celebrity endorsement dan testimoni terhadap minat beli, pengaruh
celebrity endorsement dan testimoni terhadap keputusan pembelian melalui minat
beli. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif dengan sampel
sebanyak 96 responden yang merupakan masyarakat Kecamatan Medan Kota
pengguna shopee. Teknik pengumpulan data menggunakan daftar pernyataan
seperti kuesioner dan teknik analisis data menggunakan Path Analysis serta untuk
menguji tujuh hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini menggunakan aplikasi
Partial Least Square (SmartPLS). Hasil penelitan menunjukan bahwa pengaruh
celebrity endorsement, testimoni dan minat beli terhadap keputusan pembelian
positif dan signifkan, pengaruh celebrity endorsement dan testimoni terhadap
minat beli positif dan signifikan, pengaruh celebrity endorsement dan testimoni
terhadap keputusan pembelian melalui minat beli positif dan signifkan.