Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh
yang signifikan antara metode pembelajaran kontekstual berbasis outing class
terhadap kreativitas peserta didik kelas V SD Muhammadiyah 25 Medan. Batasan
masalah dalam penelitian ini Berdasarkan identifikasi masalah diatas, maka batasan
masalah dalam penelitian ini adalah: Metode Pembelajaran Kontekstual berbasis
Outing Class untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas V SD Muhammadiyah 25
Medan.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode
pembelajaran kontekstual berbasis outing class terhadap kreativitas peserta didik di
kelas V SD Muhammadiyah 25 Medan. Manfaat dalam penelitian ini diharapkan
dapat menambah pengetahuan bagi pembaca mengenai kreativitas peserta didik
dengan menggunakan metode pembelajaran kontekstual berbasis outing class.
Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas
Va dan kelas Vb yang berjumlah 50 siswa. Kelas Va berjulmlah 2 peserta didik yang
terdiri dari 16 laki-laki dan 10 perempuan sedangkan kelas Vb berjumlah 24 peserta
didik terdiri dari 16 laki-laki dan 8 perempuan. Penelitian ini dilakukan pada bulan
Mei 2025 di SD Muhammadiyah 25 Medan. Dalam pengambilan sampel, peneliti
menggunakan teknik sensus/sampling total. Instrumen peneltian ini yang digunakan
yaitu lembar tes. Pengujian hipotesis menggunakan indepent t-test. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara penggunaan metode pembelajaran
kontekstual berbasis outing class dan tanpa menggunakan metode pembelajaran
kontekstual berbasis outing class. Berdasarkan signifikan 0,000 < 0,05 maka Ha
diterima atau terdapat adanya Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran
Kontekstual Berbasis Outing Class Terhadap Kreativitas Peserta Didik Kelas V SD
Muhammadiyah 25 Medan.