Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN (RME) REALISTIS MATHEMATIC EDUCATION TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SD PAB 12 SAMPALI

Show simple item record

dc.contributor.author -, DIANA
dc.date.accessioned 2025-10-28T06:55:22Z
dc.date.available 2025-10-28T06:55:22Z
dc.date.issued 2025-05-12
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29446
dc.description.abstract Dengan rata-rata pengaruh model pembelajaran RME (Realistis Mathematic education) menggunakan media stik di SD PAB 12 Sampali siswa SD PAB 12 Sampali adalah 100 terletak pada sebelum ngajar menggunakan media nilai interval dibawah 50. Dari penghitungan prestasi belajar matematika SD PAB 12 Sampali Tahun Ajaran 2025-2026 diperoleh nilai dalam kategori “ cukup dan sangat memuaskan “.Dengan rata-rata motivasi belajar Matematika adalah dibawah 50 terletak pada sesudah menggunakan media stik es krim interval diatas 100. Model pembelajaran RME (Realistis Mathematic Education) di SD PAB 12 Sampali berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar Matematika siswa SD PAB 12 Sampali. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan nilai regresi (F reg) sebagaimana telah diketahui, yaitu 100. Dengan demikian maka F reg >F0,01(100)dan F0, 05>(100).Hal ini menunjukkan adanya nilai signifikansi. Ini berarti ada pengaruh positif yang signifikan antara model pembelajaran (RME) Realistis Mathematic education di SD PAB 12 Sampali terhadap motivasi belajar Matematika siswa pada taraf 2% dan 4% (<75%) artinya semakin tinggi model pembelajaran (RME) Realistis Mathematic Education di SD PAB 12 Sampali, maka semakin Tinggi pula motivasi belajar Matematika siswa. Sebaliknya semakin rendah model pembelajaran (RME) Realistis Mathematic Education) di SD PAB 12 Sampali, maka semakin rendah pula motivasi belajar Matematika siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif model pembelajaran (RME) Realistis Mathematic Education) di SD PAB 12 Sampali terhadap motivasi belajar Matematika siswa SD PAB 12 Sampali en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Pengaruh Model Pembelajaran en_US
dc.subject Motivasi Belajar en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN (RME) REALISTIS MATHEMATIC EDUCATION TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SD PAB 12 SAMPALI en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account