| dc.description.abstract |
Dengan rata-rata pengaruh model pembelajaran RME (Realistis Mathematic
education) menggunakan media stik di SD PAB 12 Sampali siswa SD PAB 12
Sampali adalah 100 terletak pada sebelum ngajar menggunakan media nilai
interval dibawah 50. Dari penghitungan prestasi belajar matematika SD PAB 12
Sampali Tahun Ajaran 2025-2026 diperoleh nilai dalam kategori “ cukup dan
sangat memuaskan “.Dengan rata-rata motivasi belajar Matematika adalah
dibawah 50 terletak pada sesudah menggunakan media stik es krim interval diatas
100. Model pembelajaran RME (Realistis Mathematic Education) di SD PAB 12
Sampali berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar Matematika
siswa SD PAB 12 Sampali. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan nilai regresi (F
reg) sebagaimana telah diketahui, yaitu 100. Dengan demikian maka F reg
>F0,01(100)dan F0, 05>(100).Hal ini menunjukkan adanya nilai signifikansi. Ini
berarti ada pengaruh positif yang signifikan antara model pembelajaran (RME)
Realistis Mathematic education di SD PAB 12 Sampali terhadap motivasi belajar
Matematika siswa pada taraf 2% dan 4% (<75%) artinya semakin tinggi model
pembelajaran (RME) Realistis Mathematic Education di SD PAB 12 Sampali,
maka semakin Tinggi pula motivasi belajar Matematika siswa. Sebaliknya
semakin rendah model pembelajaran (RME) Realistis Mathematic Education) di
SD PAB 12 Sampali, maka semakin rendah pula motivasi belajar Matematika
siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif model
pembelajaran (RME) Realistis Mathematic Education) di SD PAB 12 Sampali
terhadap motivasi belajar Matematika siswa SD PAB 12 Sampali |
en_US |