Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi strategi
pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran bahasa Arab untuk
meningkatkan maharah al-kalam (kemampuan berbicara) siswa MTs Al
Washliyah 16 Perbaungan. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi
kendala yang dihadapi selama penerapan serta menganalisis respon siswa
setelah strategi ini dilaksanakan. Metode penelitian yang digunakan adalah
kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan
melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan
dengan triangulasi sumber, sedangkan analisis data meliputi reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan pembelajaran berbasis proyek mampu mengimplementasi partisipasi
siswa dalam praktik berbicara bahasa Arab. Melalui proyek mini vlog, siswa
terlihat lebih termotivasi, percaya diri, dan mampu berkolaborasi dalam
menyampaikan ide menggunakan bahasa Arab. Kendala yang ditemui antara lain
keterbatasan waktu, kurangnya pengalaman guru dalam menggunakan metode
berbasis proyek, serta keraguan siswa pada awalnya untuk berbicara bahasa
Arab. Namun demikian, dukungan guru, kerjasama kelompok, serta antusiasme
siswa menjadi faktor pendukung utama keberhasilan pembelajaran ini.
Kesimpulannya, pembelajaran berbasis proyek dapat dijadikan strategi yang
efektif dan inovatif untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab di
madrasah.