Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29418
Title: IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN MAHARAH AL-KALAM SISWA MTS ALWASHLIYAH 16 PERBAUNGAN
Authors: UMMAYA, DWI SABRINA
Keywords: Pembelajaran Berbasis Proyek;Maharah al-Kalam
Issue Date: 30-Aug-2025
Publisher: umsu
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi strategi pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan maharah al-kalam (kemampuan berbicara) siswa MTs Al Washliyah 16 Perbaungan. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi kendala yang dihadapi selama penerapan serta menganalisis respon siswa setelah strategi ini dilaksanakan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, sedangkan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis proyek mampu mengimplementasi partisipasi siswa dalam praktik berbicara bahasa Arab. Melalui proyek mini vlog, siswa terlihat lebih termotivasi, percaya diri, dan mampu berkolaborasi dalam menyampaikan ide menggunakan bahasa Arab. Kendala yang ditemui antara lain keterbatasan waktu, kurangnya pengalaman guru dalam menggunakan metode berbasis proyek, serta keraguan siswa pada awalnya untuk berbicara bahasa Arab. Namun demikian, dukungan guru, kerjasama kelompok, serta antusiasme siswa menjadi faktor pendukung utama keberhasilan pembelajaran ini. Kesimpulannya, pembelajaran berbasis proyek dapat dijadikan strategi yang efektif dan inovatif untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab di madrasah.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29418
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
2101020161.pdfFull Text1.4 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.