Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana proses optimalisasi
penggunaan media pembelajaran audiovisual dalam meningkatkan antusiasme
siswa pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Mulia Sei Balai.
Penelitian ini juga menganalisis kendala serta faktor pendukung dalam penerapan
media audiovisual, serta melihat perubahan antusiasme siswa sebelum dan
sesudah penggunaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun uji keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber, sedangkan analisis data melalui reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan media pembelajaran audiovisual, seperti video, animasi, dan film
dokumenter, mampu meningkatkan antusiasme siswa. Hal ini terlihat dari
meningkatnya perhatian siswa, partisipasi aktif, serta rasa senang dalam mengikuti
pembelajaran SKI. Kendala yang dihadapi antara lain keterbatasan sarana
prasarana, kompetensi guru dalam mengelola media, serta alokasi waktu yang
terbatas. Faktor pendukungnya adalah tersedianya perangkat teknologi, semangat
guru dalam berinovasi, serta respon positif siswa terhadap penggunaan media.
Kesimpulannya, optimalisasi media pembelajaran audiovisual efektif digunakan
dalam meningkatkan antusiasme siswa, dan dapat menjadi alternatif strategi
pembelajaran yang lebih interaktif serta bermakna pada mata pelajaran SKI.