Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter kreatif siswa melalui
penerapan nilai pancasila dalam proses pembelajaran pada siswa kelas III SD
Negeri 104279 Paya Itik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Penelitian ini dilakukan II siklus. Dengan subjek penelitian siswa kelas III
SD Negeri 104279 Paya Itik yang berjumlah 10 laki-laki dan 12 perempuan.
Instrument penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi
dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai Pancasila seperti
masih tergolong cukup secara efektif dapat meningkatkan karakter kreatif siswa.
Pada siklus I terdapat 9 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 41% dan
siswa yang tidak tuntas sebanyak 13 siswa dengan persentase 59% . kemudian pada
siklus II siswa yang tuntas sebanyak 19 siswa yang tuntas dengan persentase 86%
dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 3 siswa dengan persentase 14%.Kesimpulan
dari penelitian ini adalah bahwa penerapan nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran
dapat meningkatkan karakter kreatif siswa kelas III di SD Negeri 104279 Paya Itik.
Hal ini menunjukkan bahwa integrasi pendidikan karakter berbasis Pancasila sangat
efektif dalam membentuk siswa yang tidak hanya berpengetahuan, tetapi juga
kreatif dan berkepribadian luhur.