Abstract:
Permasalahan yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah : Rendahnya
Perilaku Belajar siswa. Dengan tujuan untuk mengetahui Layanan Penguasaan
Konten Melalui Metode Problem Solving Untuk Mengembangkan Kemampuan
Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII MTS Mamiyai Medan Tahun Ajaran 2022/2023.
Subjek penelitian ini adalah guru bimbingan konseling dan Objek penelitian ini
adalah 8 orang di kelas VIII-3. Instrument yang digunakan adalah observasi dan
wawancara untuk menjaring data Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII
MTS Mamiyai yang sangat rendah. Adapun teknik analisis data pelaksanaan
penelitian dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpilan. Berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan bimbingan layanan
penguasaan konten, untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
dengan hasil rata-rata masuk kedalam kategori kurang. Setelah diberi layanan
penguasaan konten dengan pendekatan klasikal dimana menyampaikan informasi
yang dapat berpengaruh terhadap tercapainya perkembangan yang optimal seluruh
aspek perkembangan dan tercapainya kemandirian peserta didik, dengan 4 kali
pertemuan Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan
hasil rata-rata masuk ke kategori baik. Dengan demikian hasil observasi dan
wawancara yang telah dilakukan pada pertemuan I dan II peneliti menyatakan
bahwa penerapan layanan penguasaan konten melaluli metode problem solving
adanya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII MTS
Mamiyai Medan Tahun Ajaran 2022/2023.