Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran
berbantuan geogebra pada materi geometri yang valid dan efektif. Penelitian ini
merupakan jenis penelitian pengembangan dan menggunakan prosedur penelitian
ADDIE yaitu tahap analisis (analysis), tahap desain (design), tahap
pengembangan (development), tahap implementasi (implementation) dan tahap
evaluasi (evaluation) yang kemudian dimodifikasi menjadi tahap analisis
(analysis), tahap desain (design), dan tahap pengembangan (development). Hasil
penelitian ini: 1) penelitian telah menghasilkan media pembelajaran berbantuan
geogebra; 2) hasil penilaian media pembelajaran berbantuan geogebra dari ahli
materi dengan persentase nilai 85,25% dengan kategori sangat valid, dan
penilaian media pembelajaran berbantuan geogebra dari ahli media dengan
persentase 91% dengan kategori sangat valid; 3) hasil uji coba pengembangan
yang dilakukan pada kelas XII diperoleh hasil respon peserta didik sebelum
pretest yaitu bernilai 73,07% dengan kriteria efektif dan setelah posttest terhadap
tingkat keefektifan media pembelajaran yang dikembangkan yaitu bernilai 95,24%
dengan kriteria sangat efektif, sehingga didapatkan peningkatan persentase
sebesar 22,17%. 4) Hasil pretest diperoleh nilai rata-rata 49,66%, posttest nilai
rata-rata 81,66% dan didapatkan skor N-Gain 64,46% dengan kriteria “Sedang”.
Dari hasil penilaian ahli materi, ahli media, respon peserta didik, dan tes maka
media pembelajaran berbantuan geogebra pada materi geometri yang
dikembangkan layak dan efektif digunakan disekolah.