Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adanya Pengaruh Media
Pembelajaran Multiply Card Terhadap Keterampilan Berhitung Dalam
Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas III Sd Swasta Islam Azhari.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitaif. Rumusan masalah dalam
penelitian ini yaitu:”Apakah Terdapat Pengaruh Media Pembelajaran Multiply
Card Terhadap Keterampilan Berhitung Dalam Pembelajaran Matematika Pada
Siswa Kelas III ?”. Tujuan penelitian ini yaitu: “Untuk mengetahui adanya
pengaruh penggunaan Media Pembelajaran Multiply Card Terhadap
Keterampilan Berhitung Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas III”.
Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas III SD Swasta Islam Cahaya Azhari
Medan Marelan yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 92. Sampel yang
digunakan adalah 2 kelas, yaitu kelas III-A sebanyak 31 Siswa dan kelas III-B
sebanyak 20 Siswa yang berjumlah seluruhnya adalah 51 siswa. Teknik sampling
yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sampling Purposive. Sampling
Purposive adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik
analisi data dalam penelitian ini adalah: 1) Uji Normalitas 2) Uji Homogenitas.
Data yang di peroleh dan di analisis dengan menggunakan Uji-t, yaitu uji
Independent Sampel Test. Hal ini terlihat dari data analisis uji hipotesis dengan
uji Independent Sampel Test menggunakan SPSS 20 for windows. Hasil dari uji
u-test menunjukkan bahwa nilai sig (2 tailed) = 0,000 dengan pengambilan
keputusan jika sig < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan
bahwa adanya Pengaruh Media Pembelajaran Multiply Card Terhadap
Keterampilan Berhitung Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas III
Sd Swasta Islam Azhari.