Abstract:
Penelitian di latar belakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam
pembelajaran menyimak berita. Siswa jarang sekali belajar menggunakan media
audiovisual, pembelajaran sebelumnya dilakukan secara monoton yang membuat
siswa merasa bosan. Guru melakukan pembelajaran dengan metode ceramah,
Sehingga pembelajaran menyimak kurang efektif dan efisien jika berita
disampaikan dengan cara dibacakan oleh guru. Metode dalam penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif. Uji normalitas digunakan untuk menentukan
apakah data yang dikumpulkan berdistribusi normal atau tidak. Dalam penelitian
ini, ujii normalitas dilakukan menggunakan program komputer SPSS dengan
rumus Chi-Square, dan kriteria yang digunakan adalah bahwa data yang
dikumpulkani berdistribusi normal apabila nilai signifikan lebih besar dari 0,05.
Hasil tes pada kelompok kontrol mengalami peningkatan sebesar 21,59, yakni
dari tes awal 34,14 mengalami peningkatan menjadi 55,73 sedangkan pada
kelompok eksperimen mengalami peningkatan sebesar 46,14 dari 44,71 sampai
90,85.