Abstract:
M SYUKRI MAULANA TARIGAN: NPM: 1501020004 “MANFAAT METODE AL
HISSIYAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN
BAHASA ARAB DI MTs. AL ARAFAH KLAMBIR LIMA”
Dalam penelitian ini yamg menjadi rumusan masalah dan dijadikan pertanyaan
penelitian adalah bahwa apakah pemanfaatan metode al hissiyah dapat meningkatkan hasil
belajar siswa di MTs. Al Arafah Klambir Lima. Bagaimanakah hasil belajar siswa sebelum
menggunakan metode al hissiyah di MTs. Al Arafah Klambir. Bagaimanakah hasil belajar
siswa sesudah menggunakan metode al hissiyah di MTs. Al Arafah Klambir Lima. Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan hasil beljar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab materi
المدرسية االدوات dengan menggunakan metode al hissiyah di kelas VII MTs. Al Arafah Klambir
Lima. Jenis penelitian ini adalah PTK data yang dipakai dalam penelitian ini yaitu observasi,
tes essay dan dokumentasi MTs. Al Arafah, penelitian ini menggunakan teknik analisis data
deskriftif kualitatif dan memiliki empat tahap yaitu: (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3)
pengamatan (4) refleksi dalam penelitian ini menggunakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus
II, Populasi ini diambil dari seluruh siswa kelas VII sebanyak 21 orang siswa. Hasil penelitian
yang didapat bahwasanya pemanfaatan metode al hissiyah dapat meningkatkan hasil belajar
siswa di MTs. Al Arafah Klambir Lima dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Bahasa Arab. Dapat ditemukan hasil belajar siswa sebelum menggunakan matode al
hissiya di bawah nilai KKM yang telah ditentukan, hal ini didapat dari hasil ujian semester
siswa. Adapun hasil belajar siswa setelah menggunakan metode al hissiyah mengalami
peningkatan pada siklus I sebanyak 10 orang dan siklus II sebanyak 16 orang siswa kelas VII
MTs. Al Arafah Klambir Lima.