Research Repository

ENHACING MATHEMATICAL COMPETENCE THROUGH AUGMANTED REALITY : AN EXPLORATORY STUDY USING BEST AR IN GEOMETRY LEARNING

Show simple item record

dc.contributor.author PUSPITA, DEWI
dc.date.accessioned 2025-10-23T07:36:54Z
dc.date.available 2025-10-23T07:36:54Z
dc.date.issued 2025-08-29
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/29299
dc.description.abstract Integrasi teknologi digital dalam pendidikan matematika memiliki potensi besar untuk mentransformasi konsep-konsep abstrak menjadi pengalaman belajar yang konkret. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) bernama Best AR terhadap peningkatan kompetensi matematis siswa kelas V di Malaysia. Studi ini dilaksanakan di sebuah pusat bimbingan belajar dengan pendekatan kualitatif eksploratif, untuk menelusuri bagaimana fitur interaktif Best AR— seperti simulasi objek 3D, mini-games, dan kuis—mendukung pemahaman konsep, keterlibatan, dan keterampilan pemecahan masalah, khususnya dalam pembelajaran geometri bangun ruang. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi hasil belajar, kemudian dianalisis secara tematik. Temuan menunjukkan bahwa Best AR meningkatkan kemampuan siswa dalam memvisualisasikan dan memanipulasi objek geometri, mendorong kolaborasi, meningkatkan motivasi, serta memperkuat penalaran logis. Aksesibilitas aplikasi melalui perangkat seluler dan fitur umpan balik adaptif mendukung pembelajaran mandiri, sementara elemen gamifikasi membuat pembelajaran matematika lebih menarik dan menyenangkan. Meskipun terdapat tantangan seperti keterbatasan perangkat dan kesiapan guru, studi ini menegaskan potensi AR dalam menjembatani kesenjangan integrasi teknologi dan memperkaya pembelajaran matematika. Implikasi bagi keselarasan kurikulum, pelatihan guru, dan adopsi media AR secara luas dalam konteks pembelajaran informal turut dibahas. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Augmented Reality en_US
dc.subject Kompetensi Matematis en_US
dc.subject Pembelajaran Geometri en_US
dc.subject Gamifikasi en_US
dc.subject Teknologi Pendidikan en_US
dc.title ENHACING MATHEMATICAL COMPETENCE THROUGH AUGMANTED REALITY : AN EXPLORATORY STUDY USING BEST AR IN GEOMETRY LEARNING en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account